Untuk ALUMNI yang Profile suksesnya ingin di publikasikan silahkan Hubungi kami di: abdillah@pertiwi.ac.id atau infostbapertiwi@gmail.com
Selamat Datang Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Bahasa Asing PERTIWI (STBA-PERTIWI) Th.Ak 2014-2015 di kampus CILILITAN, DEPOK, TANGERANG, BEKASI, KARAWANG dan CILEGON # Info wisuda # Wisuda bersama akan dilaksanakan pada akhir April 2014

Wednesday 10 July 2013

Sejarah STBA PERTIWI


Pada tahun 1967 Yayasan Pembina Ilmu Pengetahuan mendirikan  Akademi Bahsa Asing Pertiwi Indonesia yang sekarang menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing  Pertiwi. Pada mulanya perkuliahan diselenggarakan di sebuah gedung milik  Sekolah Dasar yang terletak di Jl.Kebon Sirih  No. 29 Jakarta Pusat.

Pada tanggal 25 Agustus 1983 ABA Pertiwi Indonesia  memperoleh Status Terdaftar  dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  No. 0353 /0/ 1983 ). Setelah melakukan pergantian pimpinan dan manajemen, kampus ABA Pertiwi Indonesia dipindahkan ke Jalan Melawai XI/189, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sejak saat itu animo masyarakat untuk belajar  di ABA Pertiwi Indonesia semakin meningkat.  Pada tanggal 27 Juli  1985 ABA Pertiwi Indonesia memperoleh status baru dan namanyapun berubah menjadi ABA PERTIWI dengan penyesuaian jenjang pendidikan dari Sarjana Muda  menjadi jalur jenjang pendidikan Diploma Tiga (D III). 
Perkembangan  yang pesat ditandai dengan jumlah mahasiswa yang  semakin banyak menunjukkan bahwa manajemen mampu mengelola ABA Pertiwi dengan baik, maka pada tanggal  25 Mei 1991  status ABA Periwi berubah menjadi Diakui  dengan SK Menteri P & K No. 0145/0/1991.  Status ini membuat kepercayaan masyarakat terhadap APA Pertiwi semakin tinggi sehingga kampus Melawai tidak mampu menampung jumlah mahasiswa yang terus bertambah. Hal ini mendorong yayasan    untuk membangun  kampus baru yang terletak di Jalan Dewi Sartika Kav 2- 3, Cililitan , Jakarta Timur. 
Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, kinerja manejemen yang semakin baik  serta lulusan/out-put yang semakin banyak, pemerintah dalam hal ini Mendiknas melalui SK. DIKTI  No. 0170/1997 tanggal 23 Juni 1997 memberikan Status Disamakan   kepada  Akademi Bahasa Asing Pertiwi.

Dalam perkembangan tersebut manajemen melihat bahwa  kebutuhan masyarakat semakin meningkat  untuk dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang Strata Satu, dan sesuai dengan Rencana Induk (RIP) Akademi Bahasa Asing Pertiwi  memperoses pengajuan perubahan bentuk menjadi  Sekolah Tinggi. Pada tahun 1999 pemerintah menyetujui perubahan tersebut. Melalui SK Mendiknas  No. 136/D/O/1999 tanggal 26 Juli 1999  Akademi Bahasa Asing Pertiwi secara resmi berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi (STBA PERTIWI) dan melaksanakan   dua jenjang  program studi, yaitu program Studi Diploma  3  Bahasa Inggris dan Program Studi  Strata 1 Sastra Inggris.

Pada 20 juni 2011 Yayasan pendiri  Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi berganti nama  Yayasan Pendidikan Pertiwi Global sesuai keputusan menteri hokum dan hak asasi manusia republik Indonesia Nomor:AHU-3689.AH.01.04.Tahun 2011

0 komentar: